Kamis, 02 Februari 2017

Ada Patung Bunda Maria Tertinggi di Dunia, Jadi Wisata Favorit Libur Natal

  • Wisata Religi di kota Tua Ambarawa

Setiap menjelang perayaan Natal. Kota Ambarawa di Kabupaten Semarang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Terutama di wisata religi yang sudah kondang namanya yakni Gua Maria Kerep Ambarawa (GMKA). Nama GMKA semakin meroket setelah dibangun patung Bunda Maria Assumpta tertinggi di dunia. Seperti apa?

Ambarawa  adalah sebuah kota kecamatan dengan luas 28,22 km² dibawah pegunungan Ungaran. Ambarawa menjadi kota strategis, karena menjadi jalur perlintasan menuju Jogjakarta maupun ke Solo atau ke Kota Semarang.

Kota tua ini terus berbenah. Sejumlah destinasi wisata ada di sini seperti museum kereta api, museum Isdiman dan wisata alam danau Rawa Pening, termasuk wisata religi GMKA. Bahkan destinasi wisata baru bermunculan. Pun dengan taman-taman kota yang asri dan cantik mulai dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Semarang untuk menunjang tingkat kunjungan wisata. Praktis Ambarawa tidak pernah surut menjadi jujugan para wisatawan karena keanekaragaman tempat wisata yag dapat dikunjungi.

foto: IST/net
Gua Maria Kerep Ambarawa yang didirikan tahun 1954 menjadi salah satu wisata religi setiap hari menyedot banyak pengunjung. GMKA paling populer di Jawa Tengah mengalahkan goa Gua Maria Sriningsih di Kabupaten Klaten dan Gua Maria Ratu Kenya Platarejo di Wonogiri.  

Apalagi saat ini telah berdiri patung bunda maria Assumta tertinggi di Indonesia bahkan tertinggi di dunia. Patung Bunda Maria Assumpta dibangun di komplek GMKA dengan ketinggian 42 meter. Patung ini dibuat oleh seniman patung asli dari Ambarawa. Patung ini memiliki ketinggian 23 meter dengan  ketinggian penopang 19 meter yang apabila ditotal menjadi 42 meter.

Patung yang dibangun dengan sistem bongkar pasang ini mengalahkan patung Bunda Maria tertinggi saat ini yang ada di Bulgaria yang memiliki ketinggian 32 meter. Di kepala Patung Bunda Maria ini dihiasi replika 7 pancaran sinar yang menggambarkan Sapta Duka Bunda Maria. Patung ini menghadap ke arah timur menghadap matahari terbit, menggambarkan bahwa patung Bunda Maria ini menyinari semua orang, baik orang jahat maupun orang baik.

Semakin tertarik untuk merayakan Natal di GMKA? Yuk, ke Gua Maria Kerep Ambarawa. Lokasinya berada di Jalan Tentara Pelajar, Kelurahan Pajang, Ambarawa. Untuk menuju ke GMKA dapat menyusuri jalan beraspal mulus di Desa Pajang dengan pemandangan sawah dan rumah-rumah sederhana di perkampungan. Pemandangan alam lain yang dapat dinikmati adalah Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, dan Danau Rawa Pening yang dapat terlihat dari GMKA.

“Saya sama keluarga sering berdoa ke Gua Maria Ambarawa. Selain berdoa juga rekreasi bersantai di taman. Suasananya nyaman dan udaranya sejuk. Rencana Natal besok kami sekeluarga ke sana,” ujar Lanny (39) warga Kabupaten Semarang. 

Sepanjang jalan menuju ke GMKA banyak hotel-hotel dan home stay untuk wisatawan. Tidak hanya itu saja, bagi yang ingin belanja pernak-pernik peribadatan dan souvenir dapat berbelanja di pasar souvenir di komplek GMKA.


Tak ayal jika GMKA tidak hanya menjadi tempat peribadatan bagi umat Katolik saja, tetapi menjadi kunjungan wisata  umat beragama lain yang ingin merasakan sejuknya udara pegunungan dan melihat uniknya patung tertinggi di dunia ini. Wisatawan bisa datang kapan pun baik siang maupun malam untuk melakukan wisata rohani. Lebih pas jika ziarah dilakukan di bulan Mei dan Oktober ketika peringatan bulan Maria. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar