Minggu, 26 Februari 2017

Jadi Jujugan Wisatawan Berburu Kuliner Unik

- Pasar Kuliner Suroboyo di Ambarawa

AMBARAWA- Pemerintah Kabupaten Semarang merombak Pasar Suroboyo di Jalan Jend Sudirman Ambarawa menjadi Pasar Kuliner Suroboyo bukan tanpa alasan. Sebab Ambarawa saat ini sudah menjadi kota Palagan yang melegenda tidak hanya di Indonesia, namun juga di mancanegara.

Banyak destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Sehingga keberadaan Pasar Kuliner Suroboyo sangatlah tepat untuk mendukung atau melengkapi destinasi wisata yang ada.

Saat ini di Ambarawa ada destinasi wisata seperti Gua Maria yang dilengkapi dengan patung Maria Assumta tertinggi di dunia. Selain itu ada juga museum Kereta Api yang memiliki koleksi kereta uap bersejarah. Belum lagi wisata danau alam Rawa Pening dan benteng Willem yang sekarang dimanfaatkan menjadi lembaga pemasyarakatan.

Wisatawan yang singgah di Ambarawa tentu juga ingin menikmati sajian khas kota Palagan. Di Pasar Kuliner banyak disajikan menu andalan yang khas Ambarawa. Salah satunya yang menyediakan menu khas pegunungan yakni Tanto Tanti di kios No 4, ada Sate, Gule, Tongseng dan Rica Kelinci. Bagi yang tidak suka daging Kelinci bisa juga memesan Rica-rica Kambing, Belut Goreng.

"Selain makanan berbahan dasar daging Kelinci, Kambing, kami juga sediakan menu berbahan dasar Tahu Serasi Bandungan," ujar Ny. Tanti, pemilik warung makan Tanto Tanti.

Selain itu Tanto Tanti juga menyediakan minuman khas yakni Wedang Tahu, Wedang Rempah, Bir Plethok, Bandrex dan minuman segar berbahan dasar buah-buahan.

"Bahan-bahan untuk minuman kami dapat dari para petani lokal. Jadi benar-benar segar," imbuhnya.

Apakah mahal harganya?

Memang banyak yang mengira di pasar kuliner mahal harga makanannya. Menurut Tanti untuk harga tidak mahal, karena disesuai dengan besaran porsi yang dipesan. Sate Kelinci perporsi lengkap dengan nasi dan minuman berupa teh saja dipatok dengan harga Rp 14 ribu. Kalau menu sate ayam Rp 10 ribu per paket.

"Jadi kami menyediakan paket murah, dari harga Rp 10-14 ribu per porsi sudah ada lauk ukuran jumbo, nasi dan minumnya. Kalau mau order makanan dan tempat bisa call di 081225036344," pungkasnya. (tt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar